Chocomint Shampoo Bar (Sampo Lemak Kakao & Mint)

Kakao sejak lama dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang dapat diandalkan untuk merawat rambut. Lemak kakao bersifat melembapkan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur, serta mencegah rambut patah dan menguatkan batang rambut. Sementara kakao bubuk menambah volume dan kilau rambut, juga membantu rambut tumbuh sehat.

Itulah yang membuat saya langsung memilih tema cokelat pada sampo batangan bebas sabun saya. Kemudian, saya kepikiran menambahkan minyak atsiri pepermin yang punya manfaat merangsang pertumbuhan rambut. Aroma cokelat dipadukan aroma mint? Tentunya sedap!

InShot_20201229_075405021

Surfaktan yang saya pilih adalah kombinasi antara Sodium cocoyl isethionate dan Potassium cocoyl hydrolyzed oat protein, sehingga keduanya membentuk formulasi sampo bebas sulfat. Yang ini sebenarnya preferensi pribadi, karena saya suka mewarnai rambut. Dan rambut yang diwarnai perlu sampo lembut yang bebas sulfat agar warna lebih awet.

InShot_20201229_075450194

Sodium cocoyl isethionate merupakan salah satu surfaktan yang lazim digunakan dalam sampo. Dikenal sebagai pembersih yang lembut meskipun menghasilkan banyak busa, dan berasal dari minyak kelapa. Potassium cocoyl hydrolyzed oat protein juga berasal dari minyak kelapa dan protein oat. Karena itu, bahan yang satu ini juga dapat berfungsi sebagai kondisioner.

Cara pemakaian:
– Basahi rambut dan kulit kepala
– Gosok-gosok sampo bar di telapak tangan yang agak basah hingga muncul busa
– Gosokkan busanya di kulit kepala
– Pijat lembut selama semenit
– Bilas hingga bersih

Keringkan sampo batangan setelah digunakan, hindarkan dari cipratan air dan genangan air agar lebih awet. Hentikan pemakaian jika timbul reaksi alergi pada kulit atau jika mendapati sampo bar bau tengik dan muncul jamur. Harap diperhatikan jika ada riwayat alergi cokelat.

Cek di Tokopedia
Tanya via Whatsapp