Berkenalan dengan Hyaluronic Acid

Komponen produk perawatan kulit yang satu ini seringkali disebut-sebut sebagai highlight. Kalau mengandung hyaluronic acid, pasti bagus. Katanya.

Apa sih manfaat hyaluronic acid bagi kulit? Memang wah sih. Membantu mempertahankan kelembapan kulit, menyamarkan kerutan halus pada kulit, membantu menghilangkan noda bekas jerawat atau luka di kulit, bahkan menenangkan kulit sensitif supaya nggak protes melulu.

InShot_20200623_120626920

Hyaluronic Acid sebenarnya komponen alami yang terdapat pada dermis dan epidermis kita. Namun, seiring pertambahan umur dan deraan berbagai faktor, kapasitasnya bisa berkurang. Itulah alasan diciptakannya produk perawatan wajah yang ditambahkan hyaluronic acid ini.

Kalau sudah baca tentang asal-usul suatu bahan produk perawatan kulit yang secara alami ada di tubuh manusia (atau hewan), tentu saya jadi curiga dari apa si bahan skin care ini dibuatnya.

Sedih dong, waktu mengetahui bahwa hyaluronic acid kebanyakan dibuat dari jengger ayam. Itu, mahkota merah yang ada di kepala ayam jago. Geli juga nggak, sih?

Tapi sekarang ternyata ada versi vegannya, yaitu dari proses fermentasi. Silakan cek ke vendor masing-masing, kalau kamu concern soal dari apa hyaluronic acid yang akan kamu beli.

Tapi hyaluronic acid ada sisi negatifnya juga. Kalau kulit kamu terlalu kering, hyaluronic acid akan memperparah kondisi kulitmu jadi semakin kering karena dia akan menarik kadar air dari lapisan kulit yang lebih dalam lagi.

Dan nggak semua orang cocok pakai hyaluronic acid. Nggak cocoknya itu kalau sudah pakai untuk waktu yang agak lama tapi tidak terasa manfaatnya. Lupakan saja, ngapain buang-buang uang untuk produk yang nggak ampuh di kulitmu.

Dalam dunia per-DIY-an, hyaluronic acid termasuk salah satu bahan yang mahal. Bisa lebih dari US$5 per gram! Tapi kita hanya perlu sangat sedikit, yaitu 0,01%- 2% saja dari produk perawatan kulit yang kita bikin.

Kini tersedia juga larutan 1% hyaluronic acid siap pakai. Tapi kita bisa menyiapkannya sendiri.

InShot_20200623_120706523

98,5 gram air suling
0,5 gram pengawet spektrum luas
1 gram hyaluronic acid bubuk

Campurkan semua bahan dalam gelas ukur. Jangan diaduk, biarkan larut sendiri. Tutup gelas menggunakan lembaran plastik dan dicek secara berkala.

Biasanya akan larut dalam 4 jam dan menjadi cairan kental seperti gel. Jika masih ada gumpalan gel, aduk sedikit. Pindahkan ke dalam botol agar mudah ketika akan ditambahkan ke dalam produk DIY kamu bikin. Simpan di ruangan sejuk dan terhindar dari cahaya.