Membuat Solid Serum

Saya selalu penasaran untuk mengulik produk-produk perawatan kulit yang baru. Pasti kamu juga, kan?

Dalam hal ini, saya suka mencoba membuat yang baru. Karena kulit saya super sensitif, hobinya protes, terutama terhadap parfum, makanya saya selalu bereksperimen membuat produk perawatan kulit sendiri. Saya juga mencoba membandingkannya dengan produk-produk di pasaran, tapi melalui ulasan. Tidak mencobanya sendiri.

InShot_20200620_113403084

Kali ini, saya bermain-main dengan cetyl alcohol. Namanya cukup mengintimidasi, bukan?

Tapi cetyl alcohol bukanlah jenis alkohol yang memabukkan seperti alkohol yang biasa kita kenal. Cetyl alcohol merupakan asam lemak berupa lilin yang berfungsi untuk memadatkan produk perawatan kulit, namun memberikan sensasi licin seperti sutera. Biasanya diproses dari minyak kelapa sawit atau minyak kelapa. Tentu saya memilih yang berasal dari minyak kelapa.

Pada umumnya, untuk memadatkan minyak menjadi balm, kita menggunakan beeswax. Nah, kali ini saya akan memanfaatkan cetyl alcohol sebanyak 27% dari keseluruhan resep.

Bahan utama yang saya pilih untuk mengisi 56% dari solid serum ini adalah rice bran oil, alias minyak bekatul beras. Dikenal mengandung vitamin E, vitamin B, asam lemak omega 9, juga kaya akan antioksidan, seperti beta karoten, lycopene, dan CoQ10 yang banyak disebut-sebut dalam produk perawatan kulit mahal.

Dengan demikian, minyak bekatul beras ini akan membantu menjaga kulit kita dari pengaruh buruk dari luar yang mungkin membuat kulit stres. Selain itu juga menjaga kelembapan kulit, mencegah pigmentasi kulit dan membantu meratakan warna kulit, serta mengurangi kerutan halus pada kulit.

Satu lagi alasan saya memilih minyak bekatul beras ini, yaitu karena cenderung lebih murah, dan terasa Indonesia banget. Bukannya sok bule pakai minyak zaitun.

Well, kalau kamu mau mengganti minyak bekatul beras ini dengan minyak zaitun, bisa juga kok. Mana yang lebih mudah kamu dapatkan saja. Tapi menurut saya, minyak zaitun lebih ‘berat’ sedangkan minyak bekatul beras lebih cepat meresap di kulit.

Minyak kedua yang menarik perhatian saya adalah black currant seed oil. Ini termasuk minyak mewah yang tidak mudah didapatkan. Tapi saya tergoda pada manfaatnya yang disebut-sebut mampu meningkatkan elastisitas kulit, menghambat penuaan dini, juga melindungi kulit dari kondisi kronis seperti dermatitis dan eksim.

Kamu bisa mengganti black currant seed oil ini dengan argan oil. Manfaatnya serupa, meskipun tak sama. Total minyak kedua ini mengambil porsi sebanyak 17%.

Atau, jika tidak ada sama sekali, kamu bahkan bisa mengganti semua minyak yang dipakai dengan rice bran oil saja. Jadi total rice bran oil yang dipakai sebanyak 73%.

InShot_20200620_113925042

Timbang dan tempatkan minyak dan cetyl alcohol dalam gelas ukur tahan panas. Siapkan panci dengan sedikit air, letakkan gelas ukur di panci tersebut dan panaskan dengan api sangat kecil selama 30 menit hingga cetyl alcohol meleleh.

Angkat dan aduk-aduk agar kedua bahan tercampur rata. Aduk terus sampai gelas ukur tidak terasa panas lagi. Lama kelamaan, adonan akan mulai mengental.

Waktunya menambahkan 2 tetes minyak vitamin E dan minyak atsiri. Saya memakai 4 tetes lavender dan 4 tetes rosemary. Kamu bisa menggantinya dengan minyak atsiri lain yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Aduk rata, lalu tuangkan ke dalam wadah. Saya memakai tin jar ukuran 30 gram. Simpan dalam kulkas sebentar supaya lebih padat.

InShot_20200620_113245058

Cara pemakaiannya hanya perlu dicolek sedikit lalu gosokkan di telapak tangan agar melumer, kemudian usapkan merata ke seluruh wajah dan leher. Rasanya memang sangat berminyak pada awalnya, namun akan cepat meresap ke kulit dan cetyl alcohol membantu memberikan rasa halus dan licin.

Solid serum ini cukup disimpan di suhu ruangan. Sebaiknya sudah habis dalam waktu maksimal 3 bulan atau sebelum bahannya kedaluwarsa.

Saya juga memakainya untuk melembapkan kulit kaki dan sebagai hair balm, lho!

Kalau kamu sudah coba membuatnya, jangan lupa tag saya di Instagram ya. Jika ingin memesan yang sudah jadi pun bisa melalui DM di Instagram.